Saat Hidup tidak lagi bersahabat dengan kita... Tetap lah "pegang erat Tangan Tuhan" Jangan pernah kau berpaling dari NYA, sebab TUHAN lah sumber pertolongan kita kemarin, hari ini , besok dan untuk selama-lama nya...

Senin, 14 April 2014

8 Makanan ini ampuh tangkal tumbuhnya uban

Uban adalah hal yang biasa dihadapi ketika Anda berusia lanjut. Namun hal ini menjadi sangat mengganggu ketika uban justru datang saat Anda masih berusia muda. Dengan gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat saat ini, tumbuhnya uban di kalangan anak muda menjadi hal yang mudah ditemui. Bahkan stres pun menjadi salah satu faktor penyebab tumbuhnya uban.

Selain faktor di atas, kekurangan nutrisi juga dapat membuat uban tumbuh di rambut Anda. Oleh karena itu merupakan hal yang sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga kesehatan rambut dengan makan makanan yang sehat.

Berikut adalah makanan sehat dan alami yang mampu menangkal datangnya uban di usia muda seperti dilansir boldsky.com.

1.
Sayuran hijau

 Sayuran merupakan sumber vitamin B6 dan B12 yang alami. Kedua nutrisi ini diperlukan untuk menjaga agar rambut Anda tetap sehat.

Bahkan sayuran berdaun hijau seperti bayam dikatakan sebagai sumber vitamin B yang baik. Oleh karena itu banyak mengonsumsi sayuran hijau ini dapat membantu Anda untuk menangkal tumbuhnya uban di rambut.

2.
Cokelat
Tak hanya memiliki rasa yang enak, cokelat juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga rambut Anda.

Cokelat kaya akan kandungan tembaga. Tembaga dikenal dapat menghasilkan melanin di rambut Anda. Sel-sel melanin bermanfaat untuk meningkatkan produksi warna rambut sehingga dapat mencegah datangnya uban.


3.
Buah beri

 Buah beri-berian seperti stroberi, raspberry, dan cranberry sangat kaya akan vitamin C. Vitamin ini tidak hanya bermanfaat untuk menyehatkan rambut, namun juga dapat mencegah datangnya uban dan tanda-tanda penuaan dini lainnya.

4.
Salmon

 Salmon adalah jenis ikan yang sangat disukai semua orang. Salmon dikenal sebagai makanan laut yang baik untuk melawan datangnya uban. Sebab salmon merupakan sumber alami selenium, hormon yang mampu mempertahankan warna alami rambut Anda.

5.
Kacang almond

Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Kacang almond kaya akan vitamin E dan tembaga yang dapat mencegah uban dan menyehatkan rambut.

6.
Garam

 Tentu saja Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi garam secara langsung dengan jumlah yang banyak demi mencegah datangnya uban. Namun Anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan yodium seperti ikan, pisang, dan wortel.

Kandungan iodine di dalam garam bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya uban secara dini.


7.
Biji bunga matahari
Biji bunga matahari memiliki kandungan mineral dengan jumlah yang tinggi. Mineral ini mampu memproduksi dan mempertahankan kandungan melanin di rambut sehingga dapat mencegah uban.


8.
Produk olahan susu

 Produk olahan susu kaya akan vitamin B, B6 dan B12. Ketiga vitamin ini penting untuk produksi sel darah merah. Sel darah merah baik untuk mendorong pasokan oksigen dan nutrisi ke kulit kepala Anda. Sehingga uban pun tidak mudah tumbuh.

Selain produk olahan susu, makanan lain yang kaya akan vitamin B adalah biji-bijian, pasta, unggas, daging merah, telur, dan sayuran hijau.

Uban yang datang terlalu dini tentu saja dapat mengganggu penampilan fisik Anda. Oleh karena itu tangkal datangnya uban secara dini dengan makanan sehat di atas. Selamat mencoba!


Sumber : merdeka.com

Bila anda sudah mencoba untuk mengkonsumsi makanan2 tsb di atas namun tetap uban tetap tumbuh juga, ada faktor :
1.Faktor genetika : memang sudah keturunan dari sono nya
2.Faktor alam : kita tidak bisa melawan alam dengan meng-Frezze umur kita menjadi tetap muda
Yang penting jangan megubah apa pun yang sudah Tuhan anugerahkan pada kita. hanya Tuhan yang boleh menghitam putihkan rambut kita.... semir rambut bukan lah solusi terbaik untuk terlihat muda...

2 komentar:

  1. Uban memang akan muncul pada rambut manusia ketika mereka sudah diusia lanjut. Tetapi saat ini banyak sekali dari anda semua yang sudah beruban diusia muda sekitar 20tahunan. Cara mencegah uban anda harus mengetahui faktor apa yang menyebabkan uban tumbuh

    BalasHapus
  2. @Green Angelica Alami : hayoo gimana cara nya... kasih tahu donk..hehehe...
    thanks for coming my blog...

    BalasHapus