Saat Hidup tidak lagi bersahabat dengan kita... Tetap lah "pegang erat Tangan Tuhan" Jangan pernah kau berpaling dari NYA, sebab TUHAN lah sumber pertolongan kita kemarin, hari ini , besok dan untuk selama-lama nya...

Jumat, 09 September 2011

Resep Kue Mangkok

Beberapa resep yang aku liat di blog dan web kuliner kebanyakan memakai pengembang baking powder dan soda kue, nggak alami banget deh...dan sudah melenceng dari pakem asli resep itu sendiri.
Dari balita aku sudah sering melihat tante ku (kakak sepupu papaku) membuat adonan kue, ya karena papa sering mengajak aku main ke rumah tante yang lumayan dekat dari rumah ku.
Di mata ku bahan-bahan makanan seperti tepung beras, tepung ketan, kelapa, pandan , gula jawa, pisang , tape, daun pisang,dll terlihat tidak asing lagi.
Begitu pula "adegan" menguleni adonan, seperti sebuah ritme dan rekaman film yang masih tersimpan rapi di benak ku sampai saat ini....hehehe...lebay ya...
Tapi jujur saja kalo kepandaian tiap anak berbeda biar pun berasal dari ortu, itu benar lho...
Buktinya aku dan kakak2 ku punya "keahlian" yang berbeda-beda tapi masih ada "bau" keahlian kita dari keturunan keluarga (halah kok jadi ruwet)
Yo wes...ini resepnya...

Kue Mangkok

Bahan:
500 gr Tepung Beras
250gr gula pasir
250gr tape
600ml air hangat(boleh air kelapa kalau ada)


Caranya
1.Uleni tepung beras,terigu,tape ,gula dan air sedikit-sedikit sampai tercampur benar,kira-kira 15mnt. Lalu diamkan 30 mnt.
Tambahkan warna merah muda, kalau hijau tambahkan pasta pandan biar aromanya wangi .

2.Didihkan air dalam dandang. Setelah air mendidih dan cetakan panas baru tuang adonan.

Selamat Mencoba....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar