Saat Hidup tidak lagi bersahabat dengan kita... Tetap lah "pegang erat Tangan Tuhan" Jangan pernah kau berpaling dari NYA, sebab TUHAN lah sumber pertolongan kita kemarin, hari ini , besok dan untuk selama-lama nya...

Selasa, 02 Juli 2013

Mitos Seputar TIDUR

Enam Penyebab Anda Sulit Tidur di Malam Hari

Kaki yang terus bergerak
Restless Leg Syndrome (RLS) bervariasi dalam tingkat keparahannya tapi secara umum hal itu menyebabkan dorongan tidak tertahankan yang membuat kaki Anda terus  bergerak. Kondisi itu juga bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada kaki dan betis, yang mengganggu tidur.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah of RLS adalah melalui terapi akupunktur. Ahli akupuntur, Rachel Pekcham mengatakan, “Akupunktur tradisional terkenal sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah tidur. Kebanyakan orang merasa terapi ini sangat menenangkan, karena akupunktur terbukti menenangkan sistem saraf dan juga memengaruhi produksi hormon dengan meningkatkan produksi endorfin.”

Coba ini: Kunjungi www.acupuncture.org.uk

Stres
Menurut ahli masalah stres, Dr David Edwards, stres adalah kumpulan gejala fisiologi, kognitif, afektif dan perilaku yang disebabkan kondisi sulit dalam kehidupan sehari-sehari. Stres dapat memengaruhi semua orang dengan berbeda mulai dari gejala yang tidak terlalu parah seperti pusing sampai depresi dan gelisah.

Sering kali stress yang dialami orang membuatnya tidak bisa tidur pada malam hari. Berbaring tapi tetap terjaga memikirkan apa yang akan Anda lakukan besok atau argumen yang terjadi antara Anda dan kolega di tempat kerja membuat tidur Anda akan terganggu.

Untuk mengatasi masalah tidur jangka pendek, Dr Edward merekomendasikan Rhodiola Rosea, sebuah suplemen yang bisa menolong mengontrol pelepasan hormon stres sambil meningkatkan energi dan konsentrasi.

Coba ini: Vitano® mengandung ekstrak akar Rhodia Rosea 200 mg dan tersedia di apotek besar dan toko makan kesehatan dengan harga 13,27 pound (sekitar Rp 196.000) untuk 30 tablet. Untuk informasi lebih lanjut hubungi  www.vitano.co.uk

Kafein
Minum teh dan kopi setiap hari dapat menyebabkan dampak negatif saat tiba waktu tidur. Cobalah untuk menghindari kafein setelah pukul 15.00 dan hindari minuman energi yang mengandung gula saat malam hari.

Ahli nutrisi, Kirsten Brooks mengatakan, “Kamomil adalah herbal yang luar biasa yang berkhasiat membuat Anda tenang, membantu kita relaks dan mendorong rasa kantuk. Minuman hangat, adalah jenis minuman yang bisa membuat Anda santai di malam hari.”

Coba ini: Teh Camomile Heath and Heather akan menenangkan dan membantu tidur Anda.

Kram malam hari
Kram saat malam hari adalah masalah yang dialami oleh lebih dari 13 juta orang di Inggris dan 82 persen wanita mengatakan mereka pernah mengalami masalah tersebut.

Pakar insomnia, Dr Guy Meadows, mengatakan: “Kualitas tidur sangat penting untuk memastikan Anda merasa kembali bugar dan siap mejalani rutinitas harian. Gangguan yang disebabkan oleh emosi dan masalah kesehatan bisa mengganggu dalam kehidupan sehari-hari, yang membuat Anda sangat sulit berkonsentrasi bekerja dan memengaruhi hubungan. Frustrasi dan gelisah yang karena tidur yang terganggu dapat menyebabkan masalah itu menjadi semakin parah.

Jadi jangan pendam penderitaan Anda! Datanglah ke dokter atau apotek lokal untuk mengatasi masalah kram malam hari.   

Coba ini: Crampex adalah satu-satunya produk yang dijual tanpa resep untuk pengobatan dan pencegahan kram malam. Harganya 2,99 pound (Rp 35.000) per pak yang berisi 12 tablet dan tersedia di apotek. Untuk tips lebih lanjut kunjungi www.goodsleepadvice.com

Kembung
Seperti organ tubuh Anda yang lain, sistem pencernaan juga memerlukan istirahat di malam hari. Hindari mengonsumsi makanan berat yang kaya karbohidrat pada malam hari, yang akan membuat Anda merasa sangat kenyang ketika ingin tidur.

45% orang mengaku mengalami irritable bowel syndrome atau sindrom iritasi usus besar (IBS) dan masalah kesehatan berkaitan dengan pencernaan sebagai salah satu faktor yang mengganggu tidur mereka.

Cobalah: Sun Chlorella A adalah suplemen makan dari bahan ganggang hijau yang berasal dari Jepang — solusi yang tepat untuk kembung karena mengandung 10 persen serat, untuk membatu makanan diproses lebih efektif di sistem pencernaan kita. Sun Chlorella berharga 21,95 poundsterling (sekitar Rp 312 ribu) untuk 300 tablet dan tersedia di www.SunChlorella.co.uk.

Terlalu banyak energi
Jika Anda belum menghabiskan energi yang cukup dalam satu hari, kemungkinan besar Anda akan mengalami kesulitan tidur. Justin Way, Personal Trainer dari Pure Gym menjelaskan: "Ada jutaan cara Anda bisa berolahraga di rumah tanpa menghabiskan uang untuk peralatan yang mahal. Ketika Anda berdiri dengan kaki kiri sambil melakukan gerakan mendorong dan menarik dengan pengisap debu di tangan kanan Anda.”

“Melompat di sekeliling ruangan dan bergantian menggunakan kaki kiri serta kanan setiap dua menit. Ini akan membantu tubuh Anda sambil membentuk kaki dan bokong."

Cobalah: Pure Gym yang buka 24 jam, tidak ada kontrak keanggotaan yang dimulai dari 17,99 pound (sekitar Rp 160 ribu) per bulan. Untuk informasi lebih lengkap bisa menghubungi www.puregym.com. 

PENYEBAB SULIT TIDUR
Apakah Anda kesulitan tidur di malam hari ?
Solusinya adalah menghilangkan beberapa kebiasaan di bawah ini.
Kurangi begadang
Siapa bilang waktu tidur itu hanya untuk anak-anak? Perhatikan jadwal tidur Anda, khususnya di akhir pekan. Tubuh kita menyesuaikan dengan rutinitas. Jika waktu tidur Anda tidak teratur — pukul 11 malam selama beberapa hari, lalu begadang sampai jam 1 pagi di hari lain — otak Anda tidak siap untuk tidur di hari kerja.

Membawa buku ke tempat tidur
Membaca sebelum tidur adalah kebiasaan banyak orang. Masalahnya, tubuh Anda akan beradaptasi dengan rutinitas tersebut — tubuh akan menolak godaan tidur sebelum Anda menyelesaikan beberapa bab. Lebih baik duduk nyaman di sofa bila Anda ingin membaca. Tempat tidur seharusnya dibatasi hanya untuk tidur atau seks.

Membuka Facebook sampai lupa waktu
Kecerahan dari layar komputer Anda bisa menstimulasi otak. Ditambah, otak Anda akan sulit berhenti berpikir soal hal-hal menarik di Internet, meski Anda sudah keluar dari situs tersebut. Hindari main Internet di malam hari dan matikan komputer Anda. Berikan diri Anda waktu bebas dari barang elektronik.

Tempat tidur yang tidak nyaman
Tempat tidur yang bagus hanya berharga mulai dari $ 500 (Rp 4,6 juta) sampai $ 3.000 (Rp 28 juta). Uang Anda tidak terbuang sia-sia. Matras yang bagus akan membuat tidur Anda lebih lelap. Hal yang sama juga berlaku untuk seprai dan bantal. Pilih bantal yang lembut jika Anda tidur tengkurap. Beli bantal yang lebih keras jika Anda tidur menyamping.

Jam alarm yang terang
Cahaya dari jam bisa sangat mengganggu jika Anda ingin tidur. Tujuannya adalah membuat kamar segelap mungkin. Tutupi jam tersebut dengan buku atau beli jam kecil. Anda juga bisa menggunakan alarm di telepon seluler.

Menghitung domba
Ketika tidak bisa tidur, sia-sia saja bila terus berada di tempat tidur. Jika Anda sudah berusaha tidur selama lebih dari 30 menit, National Sleep Foundation menyarankan untuk melakukan sesuatu yang biasa, seperti membaca atau menonton TV. Aktivitas yang membutuhkan sedikit daya kerja otak akan menenangkan pikiran Anda. Sebelum menyadarinya, Anda akan segera kembali ke tempat tidur.

Berolahraga malam hari
Berolahraga di siang hari akan membuat Anda segar selama berjam-jam. Itulah mengapa Anda tidak boleh berolahraga tiga jam sebelum tidur. Aktivitas fisik yang intens akan menaikkan temperatur tubuh dan menambah tenaga Anda — keduanya mengganggu transisi ketenangan dalam tidur.




BAHAYA TIDUR DI SOFA
Sofa menjadi tempat favorit sebagian orang untuk tidur. Namun, sangat tidak dianjurkan untuk berlama-lama di sofa yang empuk dan nyaman itu.
Selain bentuknya tidak didesain untuk mendukung tulang belakang Anda, tanpa disadari sofa juga bisa menjadi agen kanker yang membahayakan nyawa.
Menurut peneliti dari University of California, Berkeley dan Duke University, bahan kimia flame retardant yang beracun di dalam sofa menempatkan Anda pada risiko tinggi perkembangan kanker.
Dari hasil penelitian diketahui sekitar 85 persen dari 104 sofa di Amerika yang diuji mengandung flame retardant yang dapat menjadi racun. Selain itu, peneliti juga menemukan 41 persen sofa mengandung chlorinated TDCPP dan 17 persen lainnya memiliki pentaBDE, bahan kimia yang dilarang penggunaannya di seluruh dunia.
Bahan beracun ini banyak terdapat di dalam busa sofa. Tanpa disadari, remah-remah busa sofa bisa dilepaskan di udara bergabung dengan debu di rumah.
Paparan flame retardant dapat menyebabkan gangguan hormon hingga risiko kanker yang sudah terbukti melalui ratusan penelitian sebelumnya baik pada manusia maupun kanker. Parahnya, ibu hamil terkena paparan pentaBDE dalam darahnya berisiko memiliki anak dengan berat badan rendah, IQ rendah hingga gangguan neurologis dan pertumbuhan anak.



BAHAYA TERLALU BANYAK TIDUR
 Kekurangan tidur memang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Namun, kebanyakan tidur juga akan memberikan masalah yang sama.
Nah, berikut ini beberapa masalah yang timbul akibat terlalu lama tidur dari biasanya, dilansir dari Medicmagic (25/1).
Diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak tidur pada malam hari atau kurang tidur dapat meningkatkan risiko diabetes.

Kegemukan. Terlalu kebanyakan dan kekurangan tidur juga dapat mempengaruhi timbangan berat badan. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang tidur 9-10 jam per malam berisiko memiliki 21 persen lebih tinggi mengalami obesitas dibandingkan orang yang tidur 7-8 jam.

Sakit kepala. Tidur lebih lama dari biasanya, seperti saat liburan atau dalam perjalanan juga memicu sakit kepala. Para peneliti meyakini bahwa banyak tidur mempengaruhi neurotransmitter di otak, termasuk serotonin. Orang yang tidur lama di siang hari dan susah tidur tidur di malam hari juga memiliki risiko yang sama.
Penyakit jantung. Penelitian oleh Nurses Health Study menemukan bahwa wanita yang tidur 9-11 jam sehari memiliki risiko 38 persen lebih tinggi menderita penyakit jantung. Sebelumnya juga diketahui bahwa terlalu lama tidur membuat wanita rentan terhadap stroke.
Kematian. Tidur selama 9 jam atau lebih juga mampu membuat Anda meninggal dini. Jam tidur yang panjang diyakini sebagai indikator gangguan kesehatan.


MANFAAT TIDUR TELENTANG

Menurut dokter Muki Partono, Sp.OT, Spesialis Bedah Tulang dari Rumah Sakit Puri Indah, penyebab nyeri pinggang dibagi dua: akut dan kronik.

Akut, biasanya rentan terjadi di daerah lumbal, yaitu bagian bawah punggung yang terdiri atas lima tulang kecil (vertebra).

Daerah tersebut paling elastis dan menyangga berat badan atas manusia serta beban yang berasal dari benda yang dibawa. Besarnya beban yang diterima bantalan lumbal bergantung pada posisi berdiri, duduk, hingga tidur.

Banyak yang tidak menyadari, duduk terlalu lama dapat menyebabkan nyeri pinggang karena menganggap posisi duduk dapat mengistirahatkan badan. Padahal saat itu tulang membawa beban lebih berat dibanding berdiri.

Beban yang diterima oleh bantalan lumbal pada saat seseorang duduk tegap adalah 150 kg, bandingkan dengan 100 kg beban yang diterima pada saat berdiri. "Kalau bekerja di depan komputer dan selalu duduk lama, sesekali dalam setiap jam berdiri dan berjalan-jalan untuk merenggangkan otot dan mengistirahatkan tulang belakang," tutur dokter Muki.

Posisi yang paling santai untuk tulang belakang adalah tiduran telentang -- dan ganjal bawah lutut dengan bantal -- yang hanya mengangkat beban tekanan seberat 25 kg. Sementara pada posisi tidur miring membawa 75 kg beban bagi tulang belakang.

Jika tulang belakang terasa nyeri, coba istirahatkan dengan tidur telentang. Pilih kasur yang agak keras. Anda juga dapat melakukan olahraga seperti berenang, yoga, dan pilates dengan konsentrasi di area tulang belakang, pakai korset secara tepat, atau menjalani pola hidup sehat. Sedangkan nyeri pinggang kronik karena daerah non-lumbal seperti gangguan usus, ginjal, infeksi, tumor, hingga penyakit pada organ reproduksi wanita. (Good Housekeeping.co.id)

*share dari Yahoo, by today*


################################################################################
Mau jadi agen/reseller Produk Label Nama, Kartu Nama, Undangan Pesta Anak2, Mug Print, Tumbler Lucu, Stempel Gagang Lucu, Stempel Gagang Biasa, Gantungan Kunci, Personalized Lunch Box, Souvenir2 Ultah, Aqiqah Bayi, Baby Born , Wedding, Promo Product,dll...
Dengan   Design Gambar yang Unik dan Lucu pilihan sendiri...
Yuk gabung di :
www.jenkiinblog.blogspot.com 

melayani pengiriman ke seluruh Indonesia dengan Droopship tanpa biaya kirim tambahan dan pengirim atas nama pemesan (jadi kami  menjaga ID reseller kami untuk pelanggan anda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar